Cara Merawat Baterai HP

[Tips & Tricks] Cara Merawat Baterai HP Supaya Awet

Kali ini suaratek.com akan memberikan tips dan trik tentang cara untuk merawat baterai hp kamu agar awet dan tahan lama serta tidak cepat bocor

Zaman pandemi seperti sekarang penggunaan smartphone sudah merupakan bagian dari kegiatan kita sehari hari. Penjualan telpon seluler melonjak tinggi. Banyak merek-merek berlomba untuk menguasai pasar, dengan mengeluarkan produk dan inovasi terbaik mereka serta memperhitungkan berbagai segmen kelas pengguna.

Banyak orang berpikiran bahwa semakin mahal hp semakin besar kapasitas baterai nya, ini tentu saja salah. HP Xiaomi Redmi Note 8 yang harganya tidak sampai Rp. 2 juta rupiah sudah menggunakan baterai kapasitas 4000 mah. Banyak HP yang lebih mahal menggunakan kapasitas yang lebih kecil. Namun besar kecil kapasitas baterai tidak menentukan kekuatan lama baterai. Cara kita menggunakan smartphone yang sangat mempengaruhi lama penggunaan baterai serta perawatan lah yang menentukan.

Baterai merupakan komponen krusial pada HP kita. Daya tahannya yang baik menjamin penggunaan HP yang nyaman dan bebas khawatir kehabisan daya di saat penting. Namun, seiring berjalannya waktu, performa baterai HP bisa menurun. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara merawat baterai HP yang perlu kita ketahui.

Berikut beberapa tips yang perlu kalian ketahui tentang bagaimana cara merawat baterai tanam atau non-removable baterai yang sudah lazim di gunakan pada HP seri terbaru.

Cara Merawat Baterai HP

Gunakan Charger Original

Charger bawaan adalah charger terbaik, karena sesuai dengan spesifikasi baterai yang digunakan. Banyak sekali tawaran toko-toko atau penjual asesoris yang menjual charger dengan embel-embel fast charging. Mungkin memang benar charger tersebut adalah fast charget namun apakah baterai hp anda mendukung fasilitas fast charging tersebut? karena jika tidak, maka tidak lama baterai anda pasti akan rusak

Jangan gunakan HP ketika di charge

Jangan sekali kali menggunakan HP pada saat sedang di charge terutama dalam jangka waktu lama, panas berlebihan akan muncul yang tidak hanya akan merusak baterai, bahkan bisa merusak hp bahkan menciderai anda.

Matikan HP ketika sedang di charge

Ini adalah cara terbaik untuk men-charge hp, matikan ketika sedang di charge, selain mempercepat proses charge juga membuat baterai lebih awet dan tahan lama dan tidak menimbulkan panas berlebih yang membuat hp rusak.
Atau Kurangi kecerahan layar: Layar merupakan komponen HP yang paling boros baterai. Kurangi kecerahan layar secukupnya untuk menghemat daya.
Matikan fitur yang tidak terpakai: Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi yang terus menyala meski tidak digunakan akan menguras baterai. Matikan saja jika tidak dibutuhkan.
Aktifkan mode hemat daya: Banyak HP memiliki mode hemat daya yang mengurangi konsumsi daya aplikasi dan fitur tertentu. Manfaatkan mode ini saat baterai lemah.

Buka hardcase atau softcase saat di charge

Tujuannya adalah agar suhu tidak meningkat dan merusak perangkat di dalamnya, karena panas tidak dapat di keluarkan oleh hp pada saat di charge.

Tidak over charge

Arti nya apabila sudah penuh 100% segera lepas hp anda dari charger, karena apabila anda terbiasa membiarkan baterai terhubung charger dalam waktu lama akan membuat baterai bengkak dan terpaksa anda harus mengganti baterai baru.

Hindari pengisian daya hingga 100%: Idealnya, isi daya baterai hingga 80% saja. Pengisian penuh berulang kali dapat memperpendek umur baterai.
Jangan biarkan baterai kosong: Kebiasaan membiarkan baterai hingga habis juga tidak baik. Usahakan isi daya saat baterai masih menyisakan 20%.

Jangan Sering gunakan powerbank

Powerbank memiliki daya yang tidak stabil, sehingga apabila terlalu sering menggunakan powerbank akan mengurangi kekuatan baterai. Gunakan powerbank hanya pada saat benar benar darurat dimana anda tidak bisa melakukan charge menggunakan listik.

Keuntungan Merawat Baterai HP:

  • Menghemat biaya: Baterai yang awet berarti Anda tidak perlu sering menggantinya, sehingga menghemat biaya pengeluaran.
  • Mengurangi limbah elektronik: Baterai bekas merupakan limbah elektronik yang berbahaya. Dengan merawat baterai, Anda turut berkontribusi mengurangi limbah elektronik.
  • Meningkatkan kenyamanan: HP dengan baterai yang awet memungkinkan Anda menggunakannya lebih lama tanpa khawatir kehabisan daya.

Fungsi dan Penggunaan:

Tips merawat baterai HP ini berlaku untuk semua jenis HP, baik Android maupun iOS. Dengan mempraktikkannya, Anda dapat memperpanjang umur baterai HP Anda dan membuatnya lebih tahan lama.

Harga:

Harga penggantian baterai HP bervariasi tergantung jenis dan merek HP. Sebagai gambaran, biaya penggantian baterai untuk iPhone berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000, sedangkan untuk HP Android umumnya lebih murah, mulai dari Rp200.000.

Dengan mempraktikkan cara merawat baterai HP yang sederhana, kita bisa menikmati manfaatnya dalam jangka panjang. Baterai yang awet tidak hanya menghemat biaya dan mengurangi limbah elektronik, tetapi juga meningkatkan kenyamanan menggunakan HP. Yuk, sayangi baterai HP Anda dan mulailah menerapkan tips di atas!

Baca Juga : Tips Agar Ponsel Anda Mengisi Baterai Dengan Cepat