Contoh benda Diamagnetik
Photo by Artem Kniaz on Unsplash

5 Contoh Benda Diamagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh benda Diamagnetik bisa dengan mudah ditemui di lingkungan sekitar. Menurut sifat kemagnetannya, suatu benda baru dikatakan diamagentik jika barang tersebut tidak memiliki kemampuan untuk bisa ditarik kembali oleh magnet. Jadi berbeda dengan yang lainnya.

Dengan kata lain, benda tersebut memiliki sifat magnetis sangat lemah. Itu karena semua material yang termasuk dalam diamagnetik tidak bisa dijadikan sebagai magnet. Kebanyakan benda magnetic itu sendiri berasal dari logam karena lemah sifat magnetisnya.

Sementara itu, material yang bukan merupakan logam umumnya tidak memiliki sifat magnetis sehingga bisa disebut diamagnetik. Namun beberapa logam memiliki kemampuan ditarik magnet yang lemah. Logam yang seperti ini bisa dimasukkan ke dalam kategori diamagnetik.

5 Contoh Benda Diamagnetik

Tidak dapat dipungkiri bila dalam kehidupan sehari-hari itu ada kalanya mungkin akan membutuhkan magnet. Beruntungnya sekarang sudah bisa membuatnya sendiri lebih mudah. Namun tidak semua benda bisa dibuat sebagai magnet.

Jadi bila ingin membuatnya sendiri, Anda harus mengenal dulu contoh dan macam-macam benda yang dapat dijadikan sebagai magnet. Barulah kemudian Anda bisa membuatnya sesuai kebutuhan. Nah berikut ini adalah contoh benda diamagnetik yang bisa ditemukan.

  1. Batu

Batu bukan merupakan bagian dari logam sehingga bukan merupakan sifat untuk bisa ditarik atau ditolak material lainnya. Ini merupakan salah satu kategori benda diamagnetic yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Jika batu memiliki daya magnetis menarik atau ditarik satu sama lain, dapat dibayangkan bagaimana kondisi sungai saat ini. Tentunya semua batuan akan bergabung menjadi satu dan tidak bisa dipisahkan jika batu mempunyai sifat daya magnetis.

  1. Kayu

Anda memiliki perabot, furniture yang terbuat dari bahan kayu? Ini juga merupakan material diamagnetik. Itulah sebabnya antara satu perabot dengan yang lainnya tidak akan saling menempel dengan pergerakan material itu sendiri meski letaknya berdekatan.

Pada dasarnya, kayu tidak memiliki daya untuk saling menarik atau menolak. Kayu merupakan hasil alam dari tumbuh-tumbuhan dan bukan logam. Tidak bisa dibuat menjadi magnet meski dengan perlakuan khusus atau memasukkannya dalam ke dalam medan buatan.

  1. Gelas Kaca

Anda menggunakan gelas berbahan kaca di rumah? Tenang, antar gelas yang Anda miliki tersebut tidak akan saling berdekatan dan menarik satu sama lain. Itu karena kaca termasuk contoh benda diamagnetik yang tidak memiliki daya menarik.

Baik itu berbahan sama-sama kaca atau bahan yang berbeda, kaca tidak akan menarik yang lainnya. Anda dapat mencobanya sendiri dengan mendekatkan material kaca dengan bolpoint, penggaris mika, atau meletakkannya di sekitar meja kayu.

  1. Piring Plastik

Piring plastik juga merupakan salah satu material yang aman digunakan tanpa terpengaruh oleh medan magnetik. Meski berdekatan dengan material yang lainnya, namun benda plastik juga tidak dapat dibentuk menjadi material penarik. Karena merupakan diamagnetic.

Material ini berasal dari minyak bumi melalui pengolahan. Semua material yang dibuat dari minyak bumi masuk dalam kategori diamagnetic sehingga tidak memiliki sifat magnetik. Contoh lain adalah aspal, bahan bakar minyak, dan sejenisnya.

  1. Buku

Umumnya buku berasal dari bahan kertas. Kertas sendiri dibuat dari hasil pengolahan kayu. Sifat asli kertas sama dengan kayu, mudah terbakar, mudah basah, serta tidak menarik maupun menolak benda sehingga tidak bisa dijadikan sebagai magnet.

Jadi material buku, baik tebal maupun tipis tidak bisa dijadikan sebagai penarik atau penolah benda lain. Itu tadi adalah beberapa contoh benda diamagnetik yang tidak bisa ditarik meski berada dalam medan magnet.